BSI Maslahat Menggelar Pelatihan Untuk Pelaku UMKM LKMS Bank Wakaf Mikro di Kalsel – Fintechnesia.com

FinTechnesia.com | BSI Maslahat menggelar kegiatan pelatihan standar produksi dan kemasan produk tahap kelima bagi para pelaku UMKM yang merupakan anggota Bank Wakaf Mikro (BWM).

Agenda pelatihan di Ponpes Darul Hijrah Cindai Alus Martapura Kalimantan Selatan. Kegiatan ini merupakan penguatan program ekonomi mikro dalam koordinasi dan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  

Deputi Direktur Pengawasan Perilaku PUJK Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Provinsi Kalsel, Abidir Rahman berharap. adanya pelatihan ini nasabah BWM dapat memperbaiki kualitas produk dan kemasan barang menjadi lebih baik. “Sehingga bisa meluas penjualan usahanya sampai ke marketplace,” ucapnya, Jumat (29/12).

Sementara itu Pimpinan Ponpes Darul Hirah Cindai Alus Martapura juga berharap. pelatihan ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu anggota BWM yang selama ini sudah komitmen mengikuti program BWM. “Ibu-ibu ini lebih kuat memegang komitmen soal angsuran dan pembayaran dana program, sehingga program di BWM Al-Hijrah ini tetap lancar,” jelasnya.  

Manager Program LKMS Bank Wakaf Mikro, Islah Milono menjelaskan, kegiatan  pelatihan standar produksi dan kemasan produk ini putaran tahap kelima untuk tiga kota, yakni Kota Lombok, Makassar dan  Martapura.

Baca juga: Serangan Israel Semakin Brutal Tanpa Henti, BSI Maslahat Salurkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Palestina

Sebelumnya pada pelaksanaan yang pertama dan kedua telah dilaksanakan di Jawa Timur, Jawa Tengah dan DIY. Pelaksanaan ketiga dilaksanakan di Jawa Barat, Banten dan Jakarta serta yang ke 4 dilaksanakan di Sumatera. 

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 47 orang peserta yang terpilih dari sekitar 800 anggota BWM Al-Hijrah Cindai Alus Martapura dan BWM Taawun Ponpes Al-Mujahidin Balikpapan. 

Dalam kesempatan ini Branch Manager BSI Kantor Cabang Martapura Kalimantan Selatan, Buyung Yudi Gunawan memberikan materi terkait Edukasi dan Literasi Keuangan bagi pelaku UMKM.

Baca Juga  Gandeng Rekosistem dan BCA Digital, Garuda Indonesia Mereesmikan Waste Station - Fintechnesia.com

Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yakni Ir Nashrulloh Hasyim dari Rumah Kemasan Indonesia dan Ir. H. Kristiawan selaku owner Keripik Buah So-Kressh Malang Jawa Timur yang khusus memberikan materi tentang standar produksi higienis dan keamanan. 

Pada hari kedua disampaikan pengantar materi dari Koordinator Wilayah Grup Astra International Wilayah Kalimantan Selatan Divisi program Desa Berseri, Daeng Pemassery yang memaparkan program penguatan UMKM dari Astra International melalui Desa Berseri. 

Narasumber M. Firsan dari Rumah Kemasan Bandung memberikan materi tentang pentingnya sebuah desain dan kemasan,. Serta memberikan 5 model kemasan yang murah dan terjangkau bagi ibu-ibu pelaku UMKM. 

Adapun hasil yang diharapkan dalam kegiatan tersebut ibu ibu peserta pelatihan dapat memperbaiki cara produksi yang benar secara standar baik itu keamanan, kehalalan, kesehatan (higienis) dan memahami tentang sumber bahan. Tidak kalah pentingnya peserta dapat mempraktikkan kemasan produk dengan lebih baik dan menarik.   

BSI Maslahat adalah lembaga Zakat mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) yang terdepan dalam menguatkan ekosistem ekonomi syariah. (nin)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *