Huawei ICT Academy Meningkatkan Kapasitas Digital Universitas Andalas – Fintechnesia.com

FinTechnesia.com | Universitas Andalas (Unand) menggandeng Huawei dalam meningkatkan kapasitas digital para mahasiswa sehingga dapat memenuhi standar kompetensi yang dibutuhkan industri. Dengan memenuhi standar kompetensi tersebut, para mahasiswa lulusan Unand mampu bertranformasi menjadi insan yang berkualifikasi industri dan siap bekerja di era digital. 

Adapun kerja sama pengembangan talenta digital melalui Huawei ICT Academy antara Universitas Andalas dan Huawei diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di antara dua pihak.

Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi, Nizam mengatakan, dunia virtual dan dunia nyata menyatu ke dalam kehidupan di era digital. Penggunaan berbagai solusi TIK telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari.

Di dalamnya terjadi aktivitas ekonomi, komunikasi, sosial, budaya hingga keamanan negara. Oleh karena itu, para mahasiswa wajib menguasai pengetahuan dan kemampuan digital yang mumpuni. Salah satu contohnya adalah keamanan siber.

Virtual world menjadi dunia kedua kita yang harus dijaga keamanannya. Tingginya permintaan terhadap tenaga keamanan siber menciptakan lapangan pekerjaan yang luas. Program keamanan siber dari Huawei sangat bermanfaat bagi para mahasiswa untuk turut ambil bagian dalam pengamanan ruang digital kita,” ujarnya, Selasa (21/11).

Baca juga: Huawei Mendorong Percepatan Pengembangan Smart City di Indonesia

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas, Yuliandri menjelaskan, transformasi digital telah menuntut pelaku industri untuk melibatkan solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam setiap aktivitas bisnis. Oleh karena itu, dunia pendidikan harus dibantu untuk mengimbangi perkembangan dunia digital yang bergerak sangat cepat dan dinamis.

Pada kerja sama ini, Huawei berperan sebagai mitra teknologi untuk mewujudkan dunia pendidikan yang setara dan berkualitas di era digital. Kemampuan dan wawasan di bidang TIK merupakan modal penting yang harus dimiliki mahasiswa agar dapat menjadi bagian dari masyarakat 5.0 di era digital.

Baca Juga  Citi Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp 1,7 Triliun di Kurtal III 2023, Tumbuh 46% - Fintechnesia.com

“Sebagai wadah transfer pengetahuan TIK, Huawei ICT Academy dapat berkontribusi besar dalam mempersiapkan mahasiswa Unand yang berkualitas dan berkompetensi digital,” katanya. 

Huawei ICT Academy akan melatih tidak hanya mahasiswa, tetapi juga para tenaga pendidik di universitas untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan di bidang teknologi digital, seperti pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dan sistem robotik hingga pengetahuan di bidang keamanan siber. 

Syarbeni, Cyber and Security Privacy Officer (CSPO) Huawei menambahkan, pengetahuan yang baik mengenai keamanan siber perlu dimiliki oleh mahasiswa dan tenaga pendidik di lingkungan perguruan tinggi. “Huawei ICT Academy akan berbagi ilmu di bidang keamanan siber sehingga akademisi dan mahasiswa dapat ikut ambil bagian dalam upaya kolaboratif dan sistematis untuk memperkuat sistem keamanan siber nasional,” terang Syarbeni. (kai)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *