OY! Indonesia Gandeng AFTECH dan Danamon, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Inklusi Keuangan – Fintechnesia.com

FinTechnesia.com | Dalam Bulan Fintech Nasional (BFN) 2023, PT Dompet Harapan Bangsa (OY! Indonesia) menggandeng Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) dan Bank Danamon meningkatkan inklusi keuangan yang optimal dan terdigitalisasi di Indonesia.

Kerja sama ini langkah strategis OY! Indonesia agar dapat menjangkau seluruh kelompok masyarakat untuk mendapatkan akses layanan perbankan (unbanked & underbanked) dengan ekosistem terpadu melalui pengelolaan uang tunai & non-tunai.

Menurut catatan Bank Indonesia (BI), terdapat 97.7 juta atau setara 48% dari total penduduk Indonesia dalam kelompok unbanked & underbanked. Potensi besar ini dieksplor OY! Indonesia sebagai payment aggregator pertama di Indonesia yang memiliki solusi end-to-end pembayaran tunai & non-tunai perusahaan maupun individu.

Upaya OY! mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional dengan menghadirkan solusi keuangan terintegrasi yang mampu mendukung ekonomi Indonesia semakin gencar setelah menerima lisensi pengelolaan uang tunai dari BI.

Baca juga: SoftBank Ventures Asia Kucurkan Pendanaan Rp 443,2 Miliar ke OY! Indonesia

Jesayas Ferdinandus, Chief Executive Officer (CEO) OY! Indonesia menyampaikan, OY! Indonesia terus berinovasi dengan menghadirkan solusi transaksi tunai & non-tunai yang aman dan terintegrasi melalui OY! Business. Untuk meningkatkan inklusi dan memperluas literasi keuangan, OY! turut berpartisipasi sebagai salah satu sponsor AFTECH dalam pelaksanaan rangkaian. (BFN) dan 5th Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2023.

“OY! menggandeng Bank Danamon sebagai mitra strategis dalam mempercepat pertumbuhan bisnis di seluruh kalangan masyarakat. Terutama kalangan unbanked & underbanked  menghadirkan ekosistem transaksi keuangan tunai & non-tunai terintegrasi. Kami berhara mengoptimalkan efisiensi bisnis dan arus transaksi nasabah di Indonesia,” terang Jesayas, Senin (20/11).

OY! Indonesia sebagai salah satu AFTECH Silver Sponsor mendukung seluruh rangkaian BFN 2023 selama 11 November – 12 Desember 2023. Melalui kolaborasi ini, AFTECH  memperkenalkan berbagai jenis bisnis model fintech yang ada di Indonesia melalui berbagai program intensif dari berbagai perusahaan fintech yang dapat diikuti melalui platform virtual.

Baca Juga  5 hotel murah di kota Pekanbaru 2023

Ketua Umum AFTECH, Pandu Sjahrir mengungkapkan, AFTECH berkolaborasi dengan OY! Indonesia sepanjang BFN untuk memberikan pemahaman mendalam terkait penggunaan fintech dengan potensi risiko, tips dan trik penggunaan produk dan layanan fintech yang tepat guna untuk individu maupun pelaku bisnis dan pemilik usaha. Serta memberikan kesempatan talenta digital muda Indonesia untuk mengembangkan karier melalui program virtual job fair yang disajikan dalam platform virtual yang sama.

“Dengan memberikan edukasi ini kami yakin dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, mendorong inklusi keuangan, dan meningkatkan digital trust di Indonesia terkait inovasi digital melalui kolaborasi lintas sektor,” terang Pandu.

Sejalan dengan tujuan OY! Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan Indonesia, Bank Danamon mendukung solusi pengelolaan tunai OY! Indonesia dengan menyediakan layanan bank pooling. Memfasilitasi real-time settlement bagi setoran tunai ke dalam OY! Cash Deposit Machine (CDM) menuju rekening nasabah.

Dengan rata-rata Total Payment Volume (TPV) per bulan hingga ratusan miliar rupiah, kerja sama ini telah membantu mempercepat transaksi keuangan pada klien-klien ternama dari OY! Seperti FamilyMart, Ninja Xpress, Uniqlo, dan berbagai klien ritel lainnya.

OY! Indonesia juga telah terintegrasi dengan Bank Danamon untuk menyediakan solusi non-tunai seperti layanan Host to Host (H2H) Disbursement, BI-Fast, dan QRIS yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan dana nasabah OY! Indonesia secara cepat, nyaman, dan aman.  Melalui integrasi ini, nasabah OY! Indonesia dapat melakukan pembayaran dan menyediakan metode pembayaran digital yang praktis kepada end customer mereka.

Selama BFN, Danamon dan OY! Indonesia menjalin kemitraan strategis bersama dengan AFTECH untuk meningkatkan inklusi keuangan masyarakat agar dapat menjalankan transaksi keuangan dengan lancar.

Dalam mewujudkan pertumbuhan industri fintech, kami mendukung infrastruktur OY! Indonesia menggunakan solusi cash management Danamon untuk dapat melakukan transaksi dengan cepat dan aman.” ujar Andrew Suhandinata, Transaction Banking Head of Danamon. (jun)

Baca Juga  Vonis Etik untuk Johanis Tanak Segera Diketok

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *