Rencanakan Keuangan dengan Bijak, Berikut ini Langkah Mempersiapkan Dana Darurat dari Qoala – Fintechnesia.com

FinTechnesia.com | Dalam perencanaan keuangan, dana darurat merupakan salah satu hal wajib yang perlu dimiliki setiap individu. Dana darurat adalah sejumlah dana atau uang untuk mengantisipasi keadaan darurat, seperti terkena musibah, bencana alam, sakit, terkena PHK, atau lainnya.

Tujuannya memiliki sejumlah dana yang bisa digunakan kapan saja saat diperlukan. Sehingga meminimalisir atau menghindari risiko berutang. Waktu yang tepat untuk mulai mempersiapkan dana darurat adalah sedini mungkin. 

Dana tersebut merupakan dana yang hanya boleh digunakan dalam keadaan darurat. Tidak boleh digunakan untuk melunasi uutang konsumtif seperti cicilan mobil, membeli tiket pesawat, tiket konser, atau sejenisnya.

Pada dasarnya, besaran dana darurat berbeda bagi setiap individu dipengaruhi oleh jumlah tanggungan, penghasilan, dan pengeluaran bulanan. Idealnya, dana darurat harus mencakup 3 hingga 6 kali pengeluaran bulanan.

“Tujuannya adalah apabila terjadi kebutuhan mendesak ataupun sumber pendapatan bulanan berhenti, dana darurat bisa digunakan sementara untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari hingga mendapatkan pendapatan baru,” ujar Yohana Angeline, Senior Public Relations Qoala, pekan lalu.

Mempersiapkan dana darurat bukan berarti ingin menarik hal buruk terjadi melainkan sebuah langkah antisipasi dan persiapan agar tidak terbebani secara finansial di kemudian hari. Berikut ini adalah cara mengumpulkan dana darurat menurut Qoala.

  1. Evaluasi keuangan

Pahami arus kas Anda dengan mengevaluasi pendapatan dan pengeluaran bulanan. Evaluasi ini berguna untuk membantu menentukan persentase dana yang dapat dialokasikan untuk dana darurat. Misalnya, jika setiap bulan pengeluaran Anda mencapai Rp 3 juta, maka jumlah dana yang harus Anda sisihkan untuk dana darurat kurang lebih sebesar Rp9 juta sampai Rp18 juta. 

  1. Tentukan target waktu untuk menabung secara bertahap dan konsisten

Kalau Anda sudah tahu jumlah dana yang harus dikumpulkan maka Anda harus menentukan waktu untuk mencapai dana ini. Hal ini berlaku jika Anda belum punya sama sekali tabungan dana darurat.  Mulailah menabung secara bertahap untuk dana darurat Anda. Meskipun jumlahnya kecil di awal, secara bertahap tingkatkan persentasenya hingga Anda secara konsisten mengalokasikan sebagian dari pendapatan untuk dana ini dan dana darurat terkumpul sesuai target.

Baca Juga  Murah Meriah! Wuling Rilis Air ev Lite Seharga Rp188 Juta di GIIAS

Baca juga: Tahun Ini Qoala Plus Targetkan Pertumbuhan Lima Kali Lipat

  1. Buat rekening terpisah

Berbeda dengan tabungan, dana darurat sebaiknya disimpan dalam rekening baru yang terpisah dari pengeluaran bulanan rutin. Tujuannya agar tidak teralihkan untuk membiayai keperluan lain.

Buat rekening terpisah yang tidak membutuhkan saldo awal dan biaya administrasi yang besar. Anda juga harus punya akses yang cepat dan mudah terhadap dana ini, agar tidak kesulitan untuk menggunakan uang tersebut saat terjadi kondisi darurat, misalnya seperti akses untuk mobile banking. Memisahkan dana ini membantu untuk memastikan kontrol dan pemantauan yang lebih baik terhadap progres dana darurat Anda.

  1. Lengkapi dengan produk asuransi yang tepat

Tips lain yang bisa Anda lakukan dalam mempersiapkan dana darurat adalah melengkapi tindakan tersebut dengan membeli asuransi yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda.

Asuransi merupakan produk proteksi yang dapat melindungi diri dari pengeluaran yang tidak diharapkan. Dengan asuransi, setiap individu bisa mempersiapkan dan mengelola keuangan dengan lebih baik. Membeli asuransi juga bisa menjadi cara agar dana darurat bisa lebih terarah.

Namun pastikan bahwa premi asuransi yang dibayarkan selama periode waktu tertentu tidak akan menjadi beban finansial di kemudian hari. Dengan begitu, tabungan, investasi, dana darurat, dan biaya untuk asuransi akan tetap bisa berjalan berdampingan tanpa mengorbankan salah satunya, terlebih pengeluaran rutin atau bulanan.

Qoala, sebagai perusahaan insurtech, bekerja sama dengan pialang asuransi PT Mitra Jasa Pratama dan sejumlah perusahaan asuransi terkemuka, untuk mengembangkan berbagai produk asuransi yang terbaik mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan bermotor hingga santunan tunai.

Qoala memberikan kemudahan pelayanan pengajuan polis secara digital melalui situs dan aplikasi Qoala, yang dapat membantu pelanggan memilih dan membandingkan berbagai  produk asuransi untuk mendapatkan pilihan terbaik dengan harga premi yang terjangkau serta proses registrasi dan pembelian yang cepat dalam hitungan menit tanpa perlu survei. 

Baca Juga  Daftar Caleg Sementara Papua Barat Berjumlah 569 Orang

Qoala juga memiliki insurance advisor yang siap membantu menjelaskan dan mencarikan asuransi sesuai kebutuhan. Pelanggan tidak perlu khawatir dengan proses klaim, semuanya dapat dilakukan melalui aplikasi dan tim Qoala akan siap mendampingi. (nin)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *